iden
Telepon
0251-8312206
Email
biologi@unpak.ac.id

Prodi Biologi FMIPA Unpak Selenggarakan Pelatihan Insektarium dan Bioplastik bagi Siswa-Siswi SMA Se-Kota dan Kabupaten Bogor

 
 

Biologi - Pelatihan Insektarium dan Bioplastik diselenggarakan pada tanggal 07 Oktober 2023 pada pukul 14.00 sampai 17.00 wib bertempat di Laboratorium Biologi, Gedung FMIPA 2 Lt. 4,  UNPAK. Pelatihan tersebut diisi oleh 2 pemateri yaitu Ibu Dra. Moerfiah, M.Si. dan Halida Nurani, S.Si., Ada 2 topik pembahasan yaitu teori dan praktik pembuatan insektarium serta teori dan praktik pembuatan bioplastik. Insektarium merupakan tempat penyimpanan koleksi spesimen insekta, baik awetan basah maupun kering. Insektarium berupa awetan serangga dengan bahan pengawet alkohol dan formalin yang dikemas dalam bentuk koleksi media pembelajaran. Bioplastik merupakan pengawetan hewan atau tumbuhan yang telah dikeringkan dalam blok resin. Bioplastik adalah salah satu teknik awetan dengan menggunakan cairan resin dan katalis. Untuk cairan resin itu sendiri merupakan senyawa organic hasil metabolism sekunder yang tersusun atas karbonat sedangkan katalis digunakan untuk mempercepat proses polimerisasi.

Acara dibuka oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) Helianthus, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi Biologi yaitu Ibu. Dra. Triastinurmiatiningsih, M.Si. serta pembacaan tata tertib oleh Koordinator Laboratorium Biologi Ibu Dra. Tri Saptari Haryani, M.Si. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan keterampilan ilmu biologi kepada siswa-siswi SMA se-kota dan kabupaten Bogor serta untuk menjaring calon mahasiswa baru di Program Studi Biologi, FMIPA UNPAK.

 
   

© Prodi Biologi FMIPA-UNPAK
Jl. Pakuan Bogor - Jawa Barat. Kode Pos : 16143
iden